Agustus 14, 2024

Aktivitas sebagai Hexagonia dan Tim Co-Housing BAKATUWA (Jurnal 6 - Kelas Bunda Produktif Batch 4)


Selamat pagi~

Memasuki Zona 4E ini ternyata penuh dengan tantangan bagi CH BAKATUWA. Bagaimana tidak, hal paling menyedihkan adalah.. di Zona ini kami kehilangan satu anggota Kakatuwa yang paling kami sayangi, yaitu Kak Windy. 

Kak Windy, akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri setelah di zona sebelumnya skip jurnal dan setelah melalui pertimbangan yang panjang akhirnya di Zona 4E ini Kak Windy memutuskan untuk mundur dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kak Syari sebagai Leader, kemudian mengabari kami sebagai member BAKATUWA di WAG.

Kak Windy bercerita tentang padatnya aktivitas di luar Hexagon City karena sedang diamanahi peran penting di komunitas lain dan banyaknya pekerjaan di ranah publik yang sedang beliau geluti. Sehingga, ia cukup keteteran mengatur waktu untuk BAKATUWA dan Hexagon City.

Agak sedih sebenarnya harus berpisah dengan kak Windy, mengingat kak Windy ini banyak andil di CH BAKATUWA sejak awal seperti membuatkan logo CH, mendesain denah Hexa House CH, dan yang disayangkan sekali kami seluruh member belum sempat banyak belajar dari kak Windy tentang cara menyunting buku ataupun menulis novel--karena beliau sangat produktif dalam menulis novel. Kereen banget!

Akhirnya, hari Senin tanggal 12 Agustus 2024, kak Windy resmi keluar dari CH BAKATUWA dan Hexagon City. Sampai berjumpa lagi, Kak Windy.. Semoga ada kesempatan bertemu kembali dan dimanapun kak Windy berada, selalu bersinar penuh karya.

Diskusi Zona 4E bersama Kakatuwa

Seperti biasanya, setelah mengikuti sesi QnA bersama Kadek Elva di hari Selasa, maka pada hari Rabu siang kami bertemu melalui g-meet untuk membahas jurnal di Zona 4E dan hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas di Hexagon City.

Kami masih belum bisa g-meet  dengan formasi lengkap, untuk zona ini yang bisa hadir adalah Kak Syari, Kak Ari, Kak Rien, Kak Qure, dan saya. Sementara kak Ila, Kak Nesri, dan Kak Erni belum bisa bergabung.

Kebetulan, di minggu lalu, ada tugas membuat video reels dari Marcomm Hexagon City untuk acara Parade Hexagonia (DEXA). Durasi videonya terbilang singkat sebenarnya, hanya 5-30 detik saja yang isinya membahas tips menjalani habit baik dan promosi tipis-tipis tentang project passion di CH.

Info tentang DEXA bisa langsung diakses di sini nih: https://www.instagram.com/p/C-l2We-hR4z/

Saya mengajukan ide dan konsep video reels kepada Kakatuwa yang baru setengah jadi. Selama proses editing video, saya pun banyak mendapatkan masukan dari Kak Herien sampai akhirnya selesailah video reels kami sebelum deadline yang ditentukan oleh Marcomm.

Caption videonya dibuat oleh Kak Ari dan dipermanis dengan editing-nya kak Qure. Alhamdulillah, kami selesai menuntaskan tugas ini sebelum deadline yang ditentukan. Yeay!

Zona 4E ini kami membagi-bagi aktivitas yang perlu dikerjakan dalam perjalanan project passion ini. Semua aktivitas ini kami diskusikan mana saja yang menjadi prioritas kami dalam action 1. action 2, dan action 3. Kemudian, membagi tugas-tugas ini kepada seluruh Kakatuwa.

Brainstrorming 4E to Nation

Pembagian Setiap Tugas Project Passion


Manakah Aktivitas yang Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn

Inilah saatnya untuk mengkategorikan mana saja aktivitas sebagai Hexagonia dan Tim di CH BAKATUWA yang tergolong 4E bagi saya. Berikut ini pembagian aktivitas saya, diantaranya:

Aktivitas-aktivitas yang saya lakukan

Berhubung di Hexagon City ini saya hanya ambil peran sebangai perangkat CH dan warga Hexagon City yang penuh semangat, jadi aktivitas saya kurang lebih seperti di atas saja. Sedangkan, untuk aktif di dalam Cluster, rasa-rasanya masih kurang banget sih, masih perlu ditingkatkan lagi, laah.

Gak lupa juga, ikut mengisi survei di acara PeSTa (Pekan Survei Tematik) Merdeka Hexagonia untuk mendukung Teteh Walikota dan para City Leader dalam menghadirkan program-program yang makin keren selama di Hexagon City.

Pokoknya, peran saya yang paling utama itu gimana bisa memaksimalkan project-project yang ada di Co-Housing dengan semaksimal mungkin dan terlibat aktif dalam chit-chat ala kadarnya sampai diskusi yang memang serius. Saya siap memaksimalkan potensi yang saya punya, fireeeee~

Setitik Huddle Cuddle Time bersama Kakak Leader

Rupa-rupanya, tugas tambahan dari jurnal ini adalah melakukan sesi huddle bersama Leader Co-Housing. CH BAKATUWA memutuskan untuk melakukan huddle ini secara personal dengan media yang kami pilih, Leader membebaskan kami untuk memilih media yang nyaman.

Kebetulan banget, Kak Syari sebagai Leader kami punya waktu luang pada hari Selasa dari jam 20:00 sampai 21:45 WIB. Jadilah, masing-masing dari kami punya waktu maksimal 15 menit untuk sesi huddle ini. Saya langsung booking duluan di jam 20:00 sampai 20:15 WIB biar gak keburu ngantuk, wkwk.

Pembahasan dalam huddle kali ini adalah menyampaikan penilaian diri sendiri tentang:

  1. Pengumpulan jurnal
  2. Interaksi dan komunikasi dalam CH, Cluster, atau Hexagon City
  3. Mengambil peran dalam CH, Cluster, atau Hexagon City
  4. Terlibat dan ambil peran dalam pembuatan project passion 
Sesi huddle bersama Leader CH via Video Call WA

Untuk poin nomor satu, dan empat, saya dengan percaya diri bilang kalau nilai saya OUTSTANDING. Hal ini pun divalidasi oleh Kak Syari sebagai Leader CH. 

Sedangkan untuk nomor dua, pada mulanya saya merasa masih ada di level DEVELOP karena masih merasa belum bisa bersikap empati dan berkomunikasi dengan asertif terutama di grup CH. 

Namun, menurut Kak Leader justru saya itu sudah di level OUTSTANDING untuk poin ini karena selalu hadir dan mengingatkan tugas di grup CH dan selalu hadir berkomentar saat acara Walikota Menyapa. 

Setelah saya renungkan lagi, iya juga yaa apa yang dibilang kak Syari.. selama ini mungkin saya tuh udah cukup bagus dalam berinteraksi dan berkomunikasi terutama di CH, tapi saya nya terlalu menganggap remeh apa yang sudah saya capai sejauh ini.

Nah, untuk poin ketiga ini, saya menilai bahwa untuk ambil peran di CH saya sudah OUTSTANDING. Sedangkan untuk ambil peran di Cluster dan Hexagon City masih di tahap DEVELOP. Untuk penilaian di CH, Kak Syari pun menilai hal yang sama terhadap saya. Sedangkan, untuk peran di Cluster dan Hexagon City justru sudah GOOD to OUTSTANDING sebenarnya.

Huddle ini semacam performance review kalau di ranah profesional, tapi kalau di Kelas Bunda Produktif gak begitunya, yaa.. Saya pribadi merasanya lebih banyak dapet energi positif dan semangat dari Leader.

Paling penting lagi.. ehh, ternyata apa yang sudah kita lakukan dan merasanya masih belum bagus malahan sudah bagus, kadang kitanya aja yang underestimate sama diri sendiri. 

Terima kasih banyak Kak Syari, sudah meluangkan waktu di tengah peran sebagai IRT, ibu ranah publik, aktif di beberapa komunitas, dan masih bisa membersamai kami sebagai Leader di Co-Housing BAKATUWA. Daeeebaaak, Kakakuuuu❤

Akhirnya, Sudah Submit Jurnal...

Sejujurnya, memang bukan hal yang mudah untuk bisa konsisten dan selalu bersemangat saat menjalani kulilah di Bunda Produktif ini. Apalagi, saya perlu lebih banyak belajar bagaimana berineraksi dengan anggota lainnya tanpa bermaksud 'mengintimidasi' karena belum menyelesaikan tugasnya.

Perkuliahan Bunda Produktif memang the next level, sih. Tantangannya gak lagi 'semudah' saat kelas-kelas sebelumnya. Jujurly, saya pun gak expect bakalan semenantang ini yaa di BunPro, wkwk.

Demikianlah, jurnal minggu ini. Semoga, kami bisa  menyelesaikan perkuliahan Bunda Produktif di Batch 4 ini sampai finish, yaa~

0 comments:

Posting Komentar