Agustus 01, 2024

Dari Diskusi Roadmap Milestone Project Passion, Sampai Habit To Nation (Jurnal 5 - Kelas Bunda Produktif Batch 4)


Selamat pagi~

Seluruh rangkaian belajar di Kelas Bunda Produktif ternyata membutuhkan kehadiran, kesiapan, dan kontribusi diri kita sebagai anggota tim. Karena, memasuki jenjang ini segala bentuk aktivitas di Hexagon City nyaris melibatkan kerjasama antar Hexagonia.

Saya, si ambis, yang segala tugas inginnya cepat selesai jadi lebih banyak belajar untuk menyamakan ritme dengan anggota lainnya yang terkadang punya prioritas lain yang harus didahulukan. 

Kalo bahas prioritas, saya juga begitu, kok... hanya mungkin kita butuh menemukan strategi tertentu agar semua prioritas dapat kita laksanakan sebaik mungkin.

Semoga aja Kakatuwa yang lainnya bisa sama-sama kuat menjalani ritme perkuliahan ini sampai project passion kami launching dan lulus di kelas Bunda Produktif Batch 4. Aamiin~


Diskusi Lagi: Menentukan Roadmap Milestone bersama Kakatuwa

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, perkuliahan Bunda Produktif ini sejak awal membutuhkan kesiapan kita sebagai anggota tim yang dapat berkontribusi dalam setiap challenge-nya. Untuk minggu ini, kami harus mendiskusikan milestone dari project passion yang direncanakan.

Seusai sesi Zoompa bersama Kadek di hari Selasa (23/07), biasanya di CH BAKATUWA akan segera menentukan hari untuk berdiskusi. Saya yang sebelumnya memilih karakter diligence, langsung mengajak Kakatuwa untuk berdiskusi, saya langsung colek-colek Ka Syari sih, wkwk.

Sambil menunggu kesepakatan jadwal diskusi, Kak Nesri mengawali sesi pra-diskusi dengan mengusulkan milestone 1. Saya pun jadi tergerak untuk mengusulkan milestone 2 sampai 4, saat itu sih yang terpikirkan adalah... setidaknya saat nanti diskusi berlangsung gak kosongan banget karena belum kepikiran apa pun. 

Akhirnya, sepakatlah untuk ketemu lewat Google Meet di hari Rabu (24/07) jam 12.00 WIB. Alhamdulillah, diskusi hari itu cukup lengkap, dihadiri oleh Ka Syari, Ka Nesri, Ka Qure, Ka Ila, Kak Ari, dan saya. Sementara tiga orang lagi, yaitu Ka Herien, Ka Erni, dan Ka Windy belum bisa bergabung. 

Milestone untuk Project Bumi Bakatuwa

Pada mulanya, ada 5 milestone untuk project passion ini, namun setelah ditelusuri lagi... kalo menurut Ka Nesri, milestone 1 sampai 3 itu sebenarnya masih tahap persiapan. Alhasil, kami sepakat untuk menyederhanakan lagi tiap milestonenya.

Terbentuklah, 3 milestone yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga milestone ini sebenarnya sudah kami breakdown lagi dengan pembagian tugasnya yang lebih rinci. 

Tidak hanya menentukan milestone saja, kami juga mendiskusikan tentang hambatan dan solusi yang akan terjadi dalam setiap milestone-nya. Kami berdiskusi kurang lebih selama 2 jam. Jujur aja... memang cukup melelahkan. Namun, alhamdulillah, selesai. Yeay!

Masih dalam rangka melatih diligence, saya berinisiatif untuk menulis resume meeting, memindahkan hasil diskusi ke template Canva dari Tim Formula, dan menulis beberapa informasi terkait pengumpulan karya project passion kami serta reminder tentang isian jurnal di Zona Habit to Nation ini.

Wuaah, bersyukur banget bisa menyelesaikan semuanya... Rabu sorenya saya sudah menyelesaikan resume meeting dan Kamis siangnya saya sudah menyelesaikan template Canva serta menulis beberapa informasi terkait project passion dan reminder jurnal untuk Kakatuwa.

Catatan tambahannya, saya masih sanggup masak Sup Iga dan nyuci baju yang udah ketumpuk empat harian, wkwk. Alhamdulillah~


Tentang Habit Baik dan Self-Evaluation Project Passion

Dalam perjalanan mengerjakan jurnal, ternyata ada berbagai macam berubahan yang terjadi. Hal ini berkaitan dengan adanya pagelaran Jelajah Cita-Cita (JCC) di seluruh regional dan hampir kebanyakan mahasiswi BunPro ini rangkap tugas sebagai panitia JCC.

Akhirnya, Kadek kembali mengumumkan bahwa minggu lalu jurnalnya berisi habit baik yang dilakukan pada masa Pemilu. Nah, barulah di minggu ini kami benar-benar mengerjakan jurnal mengenai habit yang dilakukan untuk poject passion ini.

Pada jurnal sebelumnya, saya memilih karakter Diligence untuk dilatihkan selama perkuliahan di Bunda Produktif ini. Diligence punya arti ketekunan, menginvestasikan seluruh energi saya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya. 

Habit to Nation di CH BAKATUWA

Untuk Milestone 1 ini, Kakatuwa akan melatih habit yang sama, yaitu menulis. Namun, teknisnya bagaimana itu diserahkan kepada masing-masing. Timeline kami di tanggal 25-31 Agustus 2024 adalah melatih habit menulis dan masing-masing bisa menyelesaikan tiga tulisan untuk project passion Bumi Bakatuwa. 

Saya memilih untuk melatih habit menulis minimal 200 kata setiap harinya. Komitmennya bahwa sebelum jam 20:00 WIB, saya sudah melakukan habit ini. Saya memilih deadline-nya jam 8 malam karena di atas jam tersebut biasanya badan saya udah pengen rebahan aja di atas kasur, wkwk.

Selama seminggu latihan habit ini, ternyata gak mulus setiap hari lancar jaya.Tadinya saya pikir bisa menyelesaikan tiga tulisan dalam waktu tiga hari, tapi ternyata realita di lapangan tidak semudah itu. 

Saya biasanya berbenturan dengan urusan domestik yang pengerjaannya delay karena lagi gak mood,  tiba-tiba suami yang ngajakin nge-date di weekend, kerjaan freelance yang menanti, atau bertemu bestie di sela-sela waktu senggang.

Self-evaluation dari habit yang sudah saya latih

Ada hari yang membuat saya tidak sanggup untuk melakukan habit yang sudah direncanakan. Jadi gagal hattrick selama 7 hari berturut-turut. Tapi gak apa-apa juga sih, yang penting saya-nya bisa belajar dan memulai kembali habit di hari berikutnya.

Akhirnya, artikel pertama bisa selesai dua hari, artikel kedua selesai tiga hari, dan atikel ketiga selesai satu hari. Artikel pertama ini waktunya berbenturan dengan proses riset tema/judul artikel, sehingga gak bisa selesai dalam waktu satu hari. 

Sedangkan artikel kedua justru selesainya tiga hari karena ada satu hari yang saya harus bepergian keluar dari pagi sampai sore dan saat mencoba untuk menulis sebelum jam 8 malam itu, rasanya saya udah gak mood lagi, wkwk.

Untuk artikel ketiga, bisa saya selesaikan dalam waktu satu hari. Syukurlah, di tanggal 31 Agustus, saya berhasil menyelesaikannya. Jadi, bisa move on ke tugas-tugas berikutnya nih.

Latihan habit selama seminggu ini hasilnya cukup memuaskan buat saya. Yeay! Saya seneng banget bisa menyelesaikan tugas tepat waktu sesuai dengan rencana yang disepakati Kakatuwa di CH BAKATUWA.

Demikianlah, jurnal minggu ini. Semoga, semakin semangat untuk menyelesaikan perkuliahan Bunda Produktif di Batch 4 ini. ❤

0 comments:

Posting Komentar