September 07, 2024

Zona X-tra Miles Pekan 1: Ritmenya Makin Ugal-ugalan, Semangatnya Makin Membara (Jurnal 7 - Kelas Bunda Produktif Batch 4)


Selamat pagi~

Cuaca pagi ini seger banget. Sabtu ini tadinya mau joging tuh, tapi realitanya sidoi malahan ngulet lagi bareng selimut gegara beberapa hari ke belakang waktu istirahatnya banyak terkuras untuk pekerjaan. 

Alhasil, pagi ini saya jadi santai banget, deh. Akhirnya, langsung aja deh nulis jurnal daripada nunggu sore nanti, siapa tahu sorenya malahan diajakin ngedate ke coffeeshop, khaaan? wkwk.

Baiklah, mari langsung bahas isi jurnal Zona X-tra Miles, yuk~

Review Materi Zona X-tra Miles

Materi-materi di Zona X-tra Miles ini berhubungan dengan seberapa besar aktivitas-aktivitas yang sudah kita lakukan untuk mendukung project passion di CH. Setelah membuat daftar aktivitasnya, lalu kita pindahkan aktivitas tersebut pada kuadran-kuadran yang tersedia, yaitu:

  1. Quick wins : aktivitas high impact, low effort
  2. Major projects: aktivitas high impact, high effort
  3. Fill ins: aktivitas low impact, high effort
  4. Thankless Task: aktivitas low impact, low effort

Lalu, penilaiannya bagaimana? Penilaiannya subjektif memang, dikembalikan lagi kepada kejujuran kita. Semakin jujur, tentu semakin bagus dong.. artinya kita memang punya niatan kuat untuk jadi pribadi yang semakin produktif sekalipun mungkin selama ini masih belum bisa maksimal karena berbagai hal.

Nah, saat sampai di zona X-tra miles, lalu kita sudah tahu nih seperti apa aktivitas yang kita lakukan selama berkontribusi dalam project passion.. Saatnya untuk cari strategi agar aktivitas-aktivitas yang tadinya thankless task menjadi fill ins, dari yang fill ins menjadi major projects, dan dari major projects menjadi quick wins.

Gak harus semua aktivitas dan langsung jadi bergeser ke quick wins, ya. Kalo kata Kadek, minimal bergeser satu tingkat pun itu sudah bagus. Di zona ini tuh goal-nya, kita bisa menyadari sepenuhnya kemampuan diri kita dan memaksimalkan sepenuhnya.

X-tra Miles saya saat menjalani project passion

Nah, selama menjalani aktivitas di project passion... Saya menilai, segala aktivitas ini sudah masuk ke kuadran Quick Wins dan Major Projects. 

Untuk aktivitas yang ada di major projects, hampir semuanya yang berhubungan dengan membuat video, wkwk. Jujur aja untuk bebikinan video ini memang lebih effort buat saya yang masih belajar. 

Saya pun sebenarnya baru bisa basic video editing jadi hasilnya memang yaaaa harusnya bisa lebih bagus lagi laah, Hahaha. 

Semoga aja next-nya, kalo bebikinan video udah bisa masuk kuadran quick wins, yaaa... Aamiin~

Diskusi bareng Kakatuwa di Zona X-tra Miles

Seperti biasa, setiap Rabu pagi, CH kami selalu mengadakan meeting seminggu sekali untuk berdiskusi tentang pengerjaan jurnal. 

Berhubung setiap jurnalnya selalu ada template yang mesti menyertakan pembagian tugas, maka di hari Rabu adalah waktu bagi kami untuk menentukan hal-hal seperti ini. 

Biasanya, kami pun sambil update berita-berita di Hexagon City apalagi di CH kami juga ada City Leader jadilah ada sesi curcol dikit biasanya, wkwk.

Sekarang ini, aktivitas di kota lagi super padat. Bulan ini adalah pembukaan pasar project passion sehingga para Hexagonia yang ada di batch 4 ini sedang sibuk mempersiapkan segala bentuk project passion-nya.

Pelatihan SPP dari Man. R&D yang bisa diikuti Hexagonia

Tidak hanya itu, sebagai member CH yang jadi Bendahara, ternyata saya pun harus berkoordinasi dengan Manajer HOE dan Manajer Finance Hexagon City untuk urusan pendaftaran project passion sampai pencairan dana untuk CH.

Ditambah lagi, selama enam hari berturut-turut sedang berlangsung Pelatihan SPP (Supporting Project Passion) dari Manajer R&D yang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja karena materinya menarik semua.

Oh, tentu saja... masih harus mengumpulkan jurnal yang deadline-nya setiap minggu malam sebelum jam dua belas malam, wkwk. Makanya mungkin di zona ini butuh x-tra miles, ya... Karena aktivitasnya pun ugal-ugalan sama waktu.

Capek, sih, tapi masih bisa dijalanin, kok. Semangat saya masih membara, walaupun kadang apinya jadi mengecil kalau temen-temen di CH kurang responsif padahal sebelumnya udah sepakat dengan deadline yang ada.

Nah, untuk pembahasan diskusi di zona x-tra miles ini, kami akhirnya memutuskan untuk mempersiapkan Grand Launching Website Bumi Bakatuwa yang harus dilaksanakan bulan ini.

X-tra miles di CH BAKATUWA

Karena, bersyukur banget, website kami secara tampilan sudah selesai sebenarnya hanya memang ada beberapa Kakatuwa yang belum menyelesaikan tiga tulisan. Zona x-tra miles ini harapannya bisa membantu Kakatuwa dalam menyelesaikan tulisan yang belum selesai.

Begitulah kira-kira isi jurnal minggu ini. Semoga kami dimudahkan dalam proses project passion. Nanti main-main ke hexamarket.id, yaa.. Ada banyak produk-produk keren karya mahasiswi Bunda Produktif di batch 4.

See youuu~

0 comments:

Posting Komentar