Juli 18, 2024

Menentukan Karakter Kinerja dan Diskusi bersama Co-Housing Team (Jurnal 4 - Kelas Bunda Produktif Batch 4)


Perkuliahan Bunda Produktif kembali dimulai. Hari senin jam 14.00 WIB sudah disambut dengan materi perkuliahan dari Kadek Elva yang bisa diakses melalui mayar.id. Materi berupa video harus kami selesaikan sebelum tiba esok hari saat sesi QnA melalui zoom meeting.

Sayang banget kalau engga menyempatkan waktu untuk menonton materinya dan kalau ada yang tidak mengerti bisa langsung mengajukan pertanyaan melalui gform yang sudah tersedia sehingga di hari Selasa bisa langsung dijawab oleh Kadek.

Kalaupun tidak sempat bertanya melalui gform, biasanya nanti saat zoom meeting akan dibuka kembali sesi tanya jawabnya. Seringnya sih, untuk CnC mengenai jurnal yang akan kami kerjakan di minggu ini.

Jadi, kalau saya pribadi wajib hukumnya mantengin materi dan zoompa dengan Kadek agar tidak tersesat dalam pengerjaan jurnalnya. Kecuali, kalau memang sedang dalam kondisi tertentu, ya.


Review Materi Zona Karakter: Mau Melatih Karakter Apa, Nih?

Materi tentang karakter ini sebenarnya sudah kami dapatkan dalam Playbook Hexagonia saat pertama kali menginjakkan kaki di Hexagin City. Materi ini kembali diulas oleh Kadek berkaitan dengan akan berlangsungnya project passion di setiap Co-House.

Hexagonia diajak untuk mengenal berbagai karakter moral dan kinerja yang nantinya akan memberikan impact dalam kelancaran sebuah proyek. Karakter moral yang harus dimiliki oleh Hexagonia adalah:

  1. Moral Knowing, yaitu pengetahuan tentang moral
  2. Moral Feelingyaitu perasaan tentang moral
  3. Moral Actionyaitu segala macam contoh perbuatan moral
Sedangkan, karakter kinerja terdiri dari:
  1. Alertness, yaitu kewaspadaan, menyadari apa yang terjadi di sekitar saya sehingga saya dapat memiliki respon yang tepat.
  2. Attentiveness, yaitu perhatian, menunjukkan nilai seseorang atau tugas dengan memberikan konsentrasi penuh yang saya miliki.
  3. Benevolence, yaitu kebajikan, memberikan kebutuhan dasar kepada orang lain tanpa harus memiliki motif pribadi.
  4. Boldness, yaitu keberanian, keyakinan untuk mengatakan atau melakukan, apa yang baik, benar dan manfaat.
  5. Compassion, yaitu welas asih menginvestasikan apa pun yang diperlukan untuk menyembuhkan orang yang terluka.
  6. Diligence, yaitu ketekunan, menginvestasikan seluruh energi saya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya.
  7. Endurance, yaitu daya tahan, kekuatan batin untuk menahan stres dan melakukan yang terbaik, dll.
Setiap karakter moral dan kinerja ini akan diasah dalam perjalanan kami sebagai mahasiswi Bunda Produktif. Terutama dalam menyelesaikan project passion yang sudah disepakati bersama di Co-Housing BAKATUWA .


Proses Diksusi Jurnal Zona Karakter bersama Kakatuwa


Jurnal CH BAKATUWA (Kepenulisan)

Setelah materi, terbitlah jurnal. Inilah saatnya para mahasiswa mulai sibuk colek tetangga kanan-kiri, bolak-balik baca materi, dan segera menentukan waktu yang pas untuk berdiskusi.

Berhubung jurnal kali ini isinya sama meskipun pengumpulannya masing-masing, namun kami punya kewajiban untuk mengerjakannya bersama dengan cara diskusi.

Setelah Zoompa bersama Kadek di hari selasa, saya langsung lempar ajakan ke Kakatuwa untuk berdiskusi. Kemudian Kak Syari--Leader kami, mengusulkan untuk berdiskusi di hari Rabu (besoknya) dan kakatuwa lainnya menyambut dengan mengajukan jam diskusi serta media diskusinya.

Akhirnya, kami sepakat untuk berdiskusi di hari Rabu pukul 13.00 WIB melalui chat WAG agar lebih fleksibel dan bisa ikut berdiskusi tanpa meninggalkan urusan di luar Hexagon City.

Diskusi berlangsung dari siang sampai sore. Tinggal menunggu dua orang Kakatuwa lagi yang belum memilih karakter yang akan ditumbuhkan, setelah itu selesai deh jurnal kami~

Karakter yang dipilih oleh Kakatuwa

Oh iya, saya mengajukan diri untuk memindahkan hasil diskusi ke template Canva. Ini dalam rangka melatih karakter Diligence yang saya pilih. Saya mengerahkan seluruh energi yang saya punya untuk menyelesaikan template ini sebelum hari Jumat agar memudahkan saya serta Kakatuwa lainnya jika ingin mengumpulkan jurnal lebih cepat.

Tadinya agak galau sih mau memilih karakter Attentiveness atau Diligence yang ingin dilatih. Namun setelah memikirkan lebih dalam, sepertinya saya lebih butuh latihan karakter Diligence dalam proses mengerjakan project passion ini.

Hal ini berkaitan dengan adanya beberapa kegiatan yang masih harus saya kerjakan di luar Hexagon City, serta betapa semua kegiatan itu membutuhkan energi dan ketekunan dalam menyelesaikannya.

Semoga karakter Diligence ini bisa mengantarkan saya dan CH BAKATUWA untuk menyelesaikan project kami sampai perkuliahan ini selesai. 

Yuuks, semangaaaaat Kakatuwa dan seluruh Hexagonia di batch 4~

1 komentar: